Postingan Terbaru

Mengukur diri, Seberapa Cepatkah Anda?? (1)

Gunakan jam tangan ketika akan memulai test TOEFL. Pada tahap awal test, set stopwatch anda untuk menghitung menit dan cek waktu pengerjaan tiap pertanyaan untuk meyakinkan bahwa anda tetap berada di jalur untuk menjawab semua pertanyaan. Sebuah layar jam tangan anda akan memperlihatkan sisa waktu anda. Tetapi akan lebih mudah bagi anda  untuk memonitor ukuran kecepatan anda berdasarkan ‘berapa menit yang telah digunakan’ daripada ‘berapa menit yang masih tersisa’.

Jika anda sudah terlanjur memakan waktu yang lama untuk mengerjakan beberapa soal, anda harus bergegas untuk lebih cepat lagi. Sesuatu yang membuat tes ini begitu sulit adalah bahwa anda tidak bisa kembali ke pertanyaan yang telah anda lewatkan. Setelah memilih jawaban , anda akan diminta untuk mengkonfirmasi  jawaban  anda. Ketika anda mengkonfirmasi  jawaban, itulah  kesempatan anda. Anda tidak bisa kembali ke pertanyaan.  Meskipun jawaban yang terburu-buru cenderung  terlihat  salah, lebih baik melewatkan sepasang soal dengan cepat daripada melewatkan sepenuhnya soal-soal selanjutnya dengan tidak punya cukup waktu untuk mengerjakan. Lebih baik mengakhiri tes dengan menyisakan lebih banyak waktu yang anda butuhkan daripada kehabisan waktu.


Jika anda terpaksa untuk bergerak cepat, lakukanlah secara efisien. Biasanya satu atau lebih pilihan jawaban bisa dieliminasi tanpa terlalu banyak kesulitan. Intinya, jangan panik . Jangan terburu-buru lantas mulai menebak secara acak. Dengan mengukur diri anda dan secara terus menerus memonitor kemajuan anda lewat jam tangan anda, anda akan tahu seberapa jauh atau dekat diri anda dengan waktu yang tersisa. Jika anda masih memiliki satu menit tersisa dalam satu section, jangan melewatkan satu pertanyaan tanpa memanfaatkannya untuk menjawab pertanyaan tersebut. Ketika anda bisa menyelesaikannya, anda bisa melanjutkan pengerjaan soal anda dalam waktu yang normal menurut ukuran anda dalam pengerjaan tes TOEFL.

0 Response to "Mengukur diri, Seberapa Cepatkah Anda?? (1)"

Posting Komentar