Postingan Terbaru

‘Menebak’ bukan sekedar ‘Menebak’

Anda mungkin sudah tahu menebak adalah ide yang bagus dalam tes TOEFL, tidak seperti tes yang terstandarisasi,  tidak  ada ‘hukuman’ ketika  salah  menjawab pertanyaan. Bahkan jika anda tidak mempunyai  ide untuk menjawab suatu pertanyaan, anda masih mempunyai peluang sebesar 20-25% untuk menjawab dengan benar.

Sebagian besar peserta tidak memahami  pengaruh  menebak secara  tepat  terhadap skor mereka. menebak bisa memberi kontribusi berarti terhadap skor akhir anda kecuali kalau anda sudah terbiasa menghasilkan  skor yang cukup  tinggi.

Apa yang sebagian peserta tes tidak sadari bahwa untuk memastikan kesempatan 20-25% tersebut , mereka harus menebak secara acak. Alasannya karena tes TOEFL secara sengaja  menyediakan pilihan jawaban menipu yang ‘kelihatannya’  benar. Ketika seorang peserta tidak mempunyai  ide, mereka akan memilih jawaban yang ‘kelihatannya pasti benar’.  Alasan yang lainnya adalah para peserta akan mengeliminasi pilihan jawaban dengan cara menebak berdasarkan sebuah firasat dan intuisi sehingga jawaban yang simple tapi benar sering dihiraukannya.


Itulah mengapa proses eliminasi  yang diakui dan digunakan oleh lembaga-lembaga tes terkemuka mengandung cacat dan sangat merugikan  pencapaian anda. Peserta tes tidak menebak, mereka hanya membuat tusukan bodoh di kegelapan yang biasanya lebih buruk daripada  secara acak.

2 Responses to "‘Menebak’ bukan sekedar ‘Menebak’"

  1. nice post gan,, ditunggu posting selanjutnya..

    koment back yaa www.ankurniawan.blogspot.com

    BalasHapus
  2. good tips...more tips are waiting
    visit me and ur comments are waiting..http://blogbahasainggrisku.blogspot.com

    BalasHapus